Artikel "METODE PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS" oleh Intan Puspita
METODE PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
Intan Puspita Sari
Jurusan Tardris Bahasa Inggris UIN Maliki Malang
ABSTRAK
Penulisan
ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya metode-metode pembelajaran yang
dipakai di Indonesia. Hal ini membuat penulis tertarik untuk mengulas sedikit
tentang metode-metode pembelajaran yang digunakan.penulis menjelaskan
macam-macam metode yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa inggris. Penulis
juga menjelaskan arti dan bagaimana system pembelajaran dalam setiap metode.
Penulis juga memaparkan pentingnya memperhatikan metode pembelajaran dalam
proses belajar. Dan besarnya pengaruh metode pembelajaran terhadap kefahaman
pelajar.
PENDAHULUAN
Mempelajari
Bahasa asing adalah hal yang sudah biasa dikalangan kita. Apalagi mempelajari
Bahasa Inggris yang menjadi Bahasa internasional. Karena Bahasa memiliki peran
yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki kemampuan berbahasa
asing, akan mempermudah kita dalam berkomunikasi. Dalam mempelajari Bahasa
Inggris kita harus memperhatikan metode-metode yang digunakan. Metode yang
digunakan dalam pembelajaran mempunyai pengaruh yang besar. Dengan menggunakan
metode yang tepat akan sangat membantu pelajar dalam mempelajari Bahasa Inggris
dan tidak akan membuat pelajar merasa bosan. Begitupun sebaliknya, metode yang
kurang tepat akan membuat pelajar merasa bosan dan beranggapan bahwa mempelajari
Bahasa Inggris adalah hal yang sulit. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan
metode yang akan digunakan dalam pembelajaran.
PEMBAHASAN
1.
Apa saja metode pembelajaran Bahasa inggris?
a)
Grammar Translation Method (GTM)
Metode ini adalah metode paling lama dalam
pembelajaran Bahasa asing. Yang ditekankan disini adalah pemahaman grammar atau
tata Bahasa. Dalam metode ini pelajar akan mempelajari susunan dalam sebuah
kalimat, juga kelompok-kelompok kata, kemudian kata-kata itu disatukan menjadi
sebuah frase dan di susun sesuai dengan kaidah. Dan Metode translation berisi
penerjemahan teks atau kata-kata. Metode ini dilakukan dengan menerjemahkan
kata-kata. Mulai dari yang mudah hingga kata-kata yang sulit.
b)
Audio Lingual Method
Metode ini dianggap paling efektif dalam pembelajaran.
Dalam metode ini, pengajar akan mempraktekkan sebuah dialog singkat dengan menggunakan
ekspresi yang dilakukan beberapa kali. Setelah itu, pelajar diminta untuk
mengerti maksud dari dialog yang telah di praktekkan. Setelah itu pelajar
diminta untuk menghafal dialog dalam waktu yang singkat. Kemudian mempraktekkan
dialog tersebut. Setelah itu baru pengajar memberikan kata-kata yang ada dalam
dialog dalam bentuk text.
c)
Silent Way
Metode
ini mempunya kemiripan dengan metode audio
lingual method. Dalam metode ini mempelajari cara melafalkan dengan baik
dan benar, juga bagaimana mengetahui kesalahan dalam pelafalan. Pengajar akan
mencontohkan cara-cara melafalkan beberapa kata dengan baik dan benar dan
dilakukan berulang kali. Kemudian pengajar menuunjuk anak didiknya untuk
menirukan apa yang telah di contohkan dan membimbing pelajar hingga ia mampu
melafalkannya dengan baik dan benar. Juga mengajarkan agar pelajar peka dengan
kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam pelafalan kata-kata dalam Bahasa
inggris.
d)
Total Physical Response
Metode
ini disebut juga dengan the comprehension
approach, yang menekankan pada kemampuan listening comprehension. Metode ini berhubungan langsung dengan
kegiatan fisik. Pembelajaran metode ini dimulai dengan mendengarkan dan
memahami apa yang didengar. Sang pengajar memulai dengan memerintah dirinya
sendiri menggunakan Bahasa inggris, kemudian mempraktekkan beberapa kegiatan
sesuai dengan perintah sebelumnya. Seperti membaca, menulis, duduk, berdiri dan
lain-lain.
Kegiatan
ini dilakukan berulang kali untuk membuat pelajar terbiasa memahami dan
melaksanakan sesuai perintah yang didengar. Dengan cara itu, pelajar akan mampu
melaksanakan perintah-perintah sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh
pengajar. Proses pembelajaran dalam metode ini bisa dilakukan dengan permainan
yang melibatkan kegiatan fisik. Sehingga pelajar tidak akan merasa bosan dan
akan lebih mudah untuk diingat.
KESIMPULAN
Penggunaan
metode pembelajaran dalam mempelajari bahasa inggris sangatlah penting. Karena
metode pembelajaran akan sangat berpengaruh dalam proses belajar juga untuk
kedepannya. Penggunaan metode yang tepat akan membuat pelajar dengan mudah
mempelajari dan memahami materi dalam sebuah pembelajaran. dan penggunaan
metode yang menyenangkan akan membuat pelajar tidak merasa bosan dan mempunyai
pemikiran bahwa belajar bahasaadalah hal yang mudah dan menyenangkan. Begitupun
sebaliknya, jika metode yang digunakan kurang tepat, maka pelajar akan
kesulitan menerima materi, merasa bosan, juga akan membuat mereka beranggapan
bahwa belajar Bahasa adalah hal yang sulit dan membosankan.
Penulis
mengharapkan metode yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa inggris di indoneis
terus mengalami peningkatan. Agar Pendidikan di Indonesia semakin berkembang.
REFERENSI
http://neyshaafahza.blogspot.com/2016/04/metode-inovatif-dalam-pembelajaran.html
file:///C:/Users/HP/Downloads/7974-17697-1-SM.pdf
Komentar
Posting Komentar