Artikel "METODE PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS" oleh Intan Puspita

 

METODE PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

 

Intan Puspita Sari

Jurusan Tardris Bahasa Inggris UIN Maliki Malang

 

ABSTRAK

Penulisan ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya metode-metode pembelajaran yang dipakai di Indonesia. Hal ini membuat penulis tertarik untuk mengulas sedikit tentang metode-metode pembelajaran yang digunakan.penulis menjelaskan macam-macam metode yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa inggris. Penulis juga menjelaskan arti dan bagaimana system pembelajaran dalam setiap metode. Penulis juga memaparkan pentingnya memperhatikan metode pembelajaran dalam proses belajar. Dan besarnya pengaruh metode pembelajaran terhadap kefahaman pelajar.

 

PENDAHULUAN

            Mempelajari Bahasa asing adalah hal yang sudah biasa dikalangan kita. Apalagi mempelajari Bahasa Inggris yang menjadi Bahasa internasional. Karena Bahasa memiliki peran yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki kemampuan berbahasa asing, akan mempermudah kita dalam berkomunikasi. Dalam mempelajari Bahasa Inggris kita harus memperhatikan metode-metode yang digunakan. Metode yang digunakan dalam pembelajaran mempunyai pengaruh yang besar. Dengan menggunakan metode yang tepat akan sangat membantu pelajar dalam mempelajari Bahasa Inggris dan tidak akan membuat pelajar merasa bosan. Begitupun sebaliknya, metode yang kurang tepat akan membuat pelajar merasa bosan dan beranggapan bahwa mempelajari Bahasa Inggris adalah hal yang sulit. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan metode yang akan digunakan dalam pembelajaran.

 

PEMBAHASAN

1.      Apa saja metode pembelajaran Bahasa inggris?

a)      Grammar Translation Method (GTM)

Metode ini adalah metode paling lama dalam pembelajaran Bahasa asing. Yang ditekankan disini adalah pemahaman grammar atau tata Bahasa. Dalam metode ini pelajar akan mempelajari susunan dalam sebuah kalimat, juga kelompok-kelompok kata, kemudian kata-kata itu disatukan menjadi sebuah frase dan di susun sesuai dengan kaidah. Dan Metode translation berisi penerjemahan teks atau kata-kata. Metode ini dilakukan dengan menerjemahkan kata-kata. Mulai dari yang mudah hingga kata-kata yang sulit.

b)      Audio Lingual Method

Metode ini dianggap paling efektif dalam pembelajaran. Dalam metode ini, pengajar akan mempraktekkan sebuah dialog singkat dengan menggunakan ekspresi yang dilakukan beberapa kali. Setelah itu, pelajar diminta untuk mengerti maksud dari dialog yang telah di praktekkan. Setelah itu pelajar diminta untuk menghafal dialog dalam waktu yang singkat. Kemudian mempraktekkan dialog tersebut. Setelah itu baru pengajar memberikan kata-kata yang ada dalam dialog dalam bentuk text.

c)      Silent Way

Metode ini mempunya kemiripan dengan metode audio lingual method. Dalam metode ini mempelajari cara melafalkan dengan baik dan benar, juga bagaimana mengetahui kesalahan dalam pelafalan. Pengajar akan mencontohkan cara-cara melafalkan beberapa kata dengan baik dan benar dan dilakukan berulang kali. Kemudian pengajar menuunjuk anak didiknya untuk menirukan apa yang telah di contohkan dan membimbing pelajar hingga ia mampu melafalkannya dengan baik dan benar. Juga mengajarkan agar pelajar peka dengan kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam pelafalan kata-kata dalam Bahasa inggris.

d)      Total Physical Response

Metode ini disebut juga dengan the comprehension approach, yang menekankan pada kemampuan listening comprehension. Metode ini berhubungan langsung dengan kegiatan fisik. Pembelajaran metode ini dimulai dengan mendengarkan dan memahami apa yang didengar. Sang pengajar memulai dengan memerintah dirinya sendiri menggunakan Bahasa inggris, kemudian mempraktekkan beberapa kegiatan sesuai dengan perintah sebelumnya. Seperti membaca, menulis, duduk, berdiri dan lain-lain.

Kegiatan ini dilakukan berulang kali untuk membuat pelajar terbiasa memahami dan melaksanakan sesuai perintah yang didengar. Dengan cara itu, pelajar akan mampu melaksanakan perintah-perintah sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh pengajar. Proses pembelajaran dalam metode ini bisa dilakukan dengan permainan yang melibatkan kegiatan fisik. Sehingga pelajar tidak akan merasa bosan dan akan lebih mudah untuk diingat.

 

KESIMPULAN

            Penggunaan metode pembelajaran dalam mempelajari bahasa inggris sangatlah penting. Karena metode pembelajaran akan sangat berpengaruh dalam proses belajar juga untuk kedepannya. Penggunaan metode yang tepat akan membuat pelajar dengan mudah mempelajari dan memahami materi dalam sebuah pembelajaran. dan penggunaan metode yang menyenangkan akan membuat pelajar tidak merasa bosan dan mempunyai pemikiran bahwa belajar bahasaadalah hal yang mudah dan menyenangkan. Begitupun sebaliknya, jika metode yang digunakan kurang tepat, maka pelajar akan kesulitan menerima materi, merasa bosan, juga akan membuat mereka beranggapan bahwa belajar Bahasa adalah hal yang sulit dan membosankan.

            Penulis mengharapkan metode yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa inggris di indoneis terus mengalami peningkatan. Agar Pendidikan di Indonesia semakin berkembang.

 

REFERENSI

https://mayantara.sch.id/artikel/4-metode-populer-dalam-pengajaran-bahasa-inggris-dan-bahasa-asing-lainnya.htm

http://neyshaafahza.blogspot.com/2016/04/metode-inovatif-dalam-pembelajaran.html

file:///C:/Users/HP/Downloads/7974-17697-1-SM.pdf

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Makalah "Teori Kognitivisme"

Jurnal "Kurangnya Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan" oleh Intan Puspita